UMKM Kaltim Perlu Peningkatan, DPRD Kaltim Minta Lebih Kreatif

Jejakdm.com, SAMARINDA– Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya’qub meminta pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Timur untuk tingkatkan inovasi. Guna memajukan pertumbuhan ekonomi daerah.

UMKM merupakan usaha produktif perorangan masyarakat yang memiliki nilai ekonomi. UMKM pun menjadi salah satu unsur penting dalam perekonomian negara maupun daerah.

Rusman Ya’qub menilik hal tersebut. Ia menyampaikan bahwa harus adanya peningkatan UMKM oleh pelaku usaha benua etam. Tak hanya itu, inovasi dan kreatifitas akan menjadi aspek penting menunjang UMKM.

“Kami berharap peringatan UMKM menjadi pencetus inovasi para pelaku UMKM di Kaltim. Saya mendorong dan mendukung pemerintah agar UMKM di Kaltim menjadi pionir dan fondasi pengembangan ekonomi kreatif,” ungkap Rusman Selasa (24/10/2023).

Menurutnya, perubahan UMKM harus memiliki unsur yang mendukung, seperti manajemen pemasaran, sertifikasi produk, jalur pemasaran hingga target.

“Sertifikasi produk itu penting agar UMKM bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional,” ucapnya.

Ia melanjutkan, manajemen pemasaran juga merupakan upaya penting untuk dipenuhi, demi peningkatan UMKM. Supaya mempromosikan produk dapat berjalan secara efektif dan efisien.

“Aspek transportasi itu juga penting, agar UMKM bisa mengirimkan produk mereka dengan cepat dan murah,” ujar Rusman.

Legislator Kaltim itu pun mengapresiasi usaha Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim yang telah menjalankan program pembinaan dan bantuan bagi pelaku UMKM.

“Saya berharap pelaku UMKM Kaltim bisa mengambil peluang dari penyelenggaraan hajatan nasional seperti Pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dan Prakualifikasi Popnas 2025,” tutupnya.

Rusman pun mengimbau masyarakat pelaku UMKM di Kaltim untuk semangat berusaha, bekerja keras, dan inovasi kreatif dalam meningkatkan pendapatan individu.

[ADV/Az

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *