Air Sawah Manunggal Jaya Jadi Sorotan DPRD Kaltim

dok.Spesial/Jejakdm.com

Jekakdm.com, SAMARINDA- Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun, menyoroti perkembangan efektivitas pengelolaan air sawah petani. Meski, memberikan solusi menghadapi kekeringan lahan petani Desa Manunggal Jaya, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Namun, pada dampaknya Cuaca panas yang ekstrem dapat memberikan dampak buruk bagi hasil produksi petani. Pasalnya, efektivitas dalam pengairan akan berkurang, akibat kekeringan sumber pengairan.

Legislator PDI-P ini Muhammad Samsun, telah menerima sejumlah aspirasi masyarakat di Desa Manunggal Jaya, berkaitan dengan penyelesaian sistem pengairan yang sedang mengering.

Mengingat hal tersebut, menjadi keresahan para petani, sudah sepantasnya sebagai anggota dewan tersebut mendengarkan. Terlebih, aspirasi tersebut disampaikan pada saat sosialisasi Perda Nomor 5 Tahun 2019 tentang Bantuan Hukum.

“Kami menyerap aspirasi masyarakat Desa Manunggal Jaya. Mereka minta solusi soal tata kelola air, irigasi pertanian agar kemarau masih memiliki air. Juga saat berlimpah, air tidak membanjiri sawah dan lahan pertanian,” ucapnya Samsun, Sabtu (4/11/2023).

Menurutnya, dengan pembangunan sistem irigasi sawah yang baik, upaya tersebut merupakan salah satu bentuk antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat menghadapi kekeringan.

“Irigasi dapat membantu para petani untuk penyediaan air yang cukup bagi tanaman mereka sehingga meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan,” kata Samsun.

Legislator Dapil Kukar itupun mengungkapkan, perlunya kerja sama antara pemerintah, swasta dan kelompok masyarakat. Guna merealisasikan pengembangan irigasi air sawah bagi petani Desa Manunggal Jaya.

“Kita perlu survei dan memetakan potensi sumber air dan lahan pertanian yang membutuhkan irigasi. Penentuan jenis dan metode irigasi yang sesuai dengan kondisi setempat juga dibutuhkan,” Ungkapnya.

Samsun pun melanjutkan, pihaknya sebagai anggota dewan merasa perlu adanya sosialisasi dan pembelajaran. Guna mencerdaskan para petani, berkaitan dengan teknik irigasi yang baik beserta manfaatnya.

Politikus Fraksi PDi-P itu pun mengajak kepada semua pihak, untuk berpartisipasi meningkatkan pengembangan sistem irigasi sawah nantinya.

“Mari kita dukung dan berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan sistem irigasi yang baik dan efisien di Kaltim,” imbuhnya.



[ADV/DPRD Kaltim]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *