DPRD Kaltim Menyoroti Jalan Rusak Akibat Lalu-lintas Alat Berat


Jejakdm.com, SAMARINDA- Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun, menyoroti ruas jalan yang rusak akibat aktifitas perusahaan batu bara CV Prima Mandiri. Pasalnya, Jalan Sangasanga – Dondang di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, menjadi jalam umum yang kerap dilalui masyarakat setempat.

Persoalan kerusakan jalan akibat operasi perusahaan kerap terjadi. Lantaran aktifitas berlalu lalang menggunakan alat berat setiap harinya. Tak mengherankan, akan berdampak pada kerusakan sejumlah ruas jalan.

Tak luput dari perhatian anggota dewan. Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, pun turut mengamati aktifitas perusahaan CV Prima Mandiri, yang mengganggu aktifitas warga Dondang.

“Infrastruktur jalan Dondang yang menghubungkan Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda masih menjadi masalah bagi masyarakat, terutama para petani,” jelas Samsun, Senin (30/10/2023).

Ia mengungkapkan, telah menerima keluhan kaum petani akibat infrastruktur jalan yang rusak, berdampak pada proses distribusi hasil panen.

“Infrastruktur jalan Dondang ini sangat penting untuk kelancaran distribusi hasil pertanian,” ungkap Samsun.

Legislator Kaltim itu telah mendapatkan informasi, bahwa perbaikan jalan Dondang yang ditargetkan selesai pada Februari 2023, bukan merupakan tanggung jawab Dinas PUPR. Melainkan tanggung jawab perusahaan yang telah merusak infrastruktur tersebut.

“Perusahaan yang beroperasi di sana harus bertanggung jawab atas kerusakan jalan yang mereka sebabkan,” paparnya.

Samsun mengatakan, pihaknya akan terus mengawasi aktifitas kinerja perusahaan tersebut. Jikalau, perusahaan tersebut tidak menepati janjinya, maka DPRD Kaltim dan Pemprov akan akan mengambil tegas menanggapi persoalan tersebut.

Ia pun berharap, agar jalan Dondang dapat diperbaiki secepatnya. Supaya tidak merepotkan masyarakat. Terlebih juga, mengimbau pihak pemerintah, DPRD, perusahaan, dan masyarakat untuk saling menjaga infrastruktur yang ada.

“Kami berharap adanya sinergi antara pemerintah, DPRD, perusahaan dan masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan,” pungkasnya.



[ADV/AZ]

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *