Sejumlah OPD Kaltim Rapor Merah, Wakil Ketua DPRD Prov. Kaltim segera Adakan Pertemuan

Jejakdm.com, SAMARINDA- Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji, nyatakan pihaknya akan laksanakan rapat koordinasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami serapan anggaran minim.

Dua minggu lalu, Penjabat (Pj) Gubernur telah melayangkan rapor merah kepada beberapa OPD yang memiliki serapan anggaran rendah. Hal tersebut menjadi penting untuk dibahas mengingat peran OPD yang bersentuhan dengan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, mengungkapkan keprihatinannya akan OPD yang kurang maksimal dalam menyerap anggaran. Merujuk pada hal itu, pihaknya pun akan melakukan koordinasi untuk menemukan titik terang menjawab persoalan tersebut.

“Kemungkinan beberapa hari lagi kami akan melakukan rapat koordinasi. Dua minggu yang lalu sebelum kita melakukan reses, ada rapat koordinasi pimpinan dengan Penjabat Gubernur menyoroti OPD yang dikenakan rapor merah dan kami tentu mengawasinya,” ungkap Seno Aji, Senin (30/10/2023).

Ia pun membeberkan, OPD yang menjadi perhatiannya adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DPK).

Berdasarkan hasil koordinasi dengan beberapa OPD Kaltim sebelumnya, minimnya serapan anggaran diakibatkan belum tuntasnya pembayaran kepada pekerja.

“Kontrak sudah dilakukan, kontraktor sudah melaksanakan pekerjaan, tapi belum tuntas penagihannya,” tegasnya.

Oleh karenanya, pihaknya pun meminta partisipasi Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk melunasi pembayaran. Agar tidak terjadi tunggakan di akhir tahun.

Legislator Kaltim itu pun berharap, OPD yang mengalami serapan anggaran rendah tersebut, untuk dapat meningkatkan kualitas kerjanya sehingga, persoalan seperti itu tidak terjadi lagi dimasa mendatang.

“Kami lihat beberapa hari lagi, semoga mereka bisa memperbaiki serapan anggarannya,” pesannya.

Lebih lanjut, ia berpesan agar OPD dapat meningkatkan serapan anggarannya dalam waktu dekat ini.

“Saya yakin OPD bisa bekerja lebih baik dan lebih cepat. BPKAD sudah setuju untuk membantu mereka dalam hal pembayaran. Semoga ini baik-baik saja dalam waktu dekat ini sudah bisa meningkat ,” tutupnya.

[ADV/AZ]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *