DPRD Kaltim Dorong Sinergitas Daerah Untuk IKN

JEJAKDM, SAMARINDA – Dalam upaya peningkatan pembangunan di IKN, DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong agar kabupaten/kota di provinsi ini proaktif terlibat dalam persiapan menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan dibangun di wilayah ini.

Legislator ini dari daerah pemilihan Bontang, Kutai Timur (Kutim), dan Berau, Agus Aras, menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak dalam persiapan menyambut proyek strategis nasional tersebut.

“Kita ingin melihat semua daerah saling bersinergi dalam menopang kesusksesan pembangunan IKN,” kata Agus Aras.

Menurut Agus Aras, Kabupaten Kutai Timur harus terus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan memperkuat ketahanan pangan.

Ia menyarankan agar Kutim dapat mengembangkan sektor pertanian yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan di IKN.

“Pertumbuhan di kawasan IKN, pasokan sandang dan pangan akan menjadi sangat krusial. Kutim harus mampu mengembangkan sektor pertanian yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan di IKN,” ujar Agus Aras.

Sementara itu, Bontang, yang telah dirancang sebagai pusat industri, diharapkan fokus pada pengembangan sektor industri yang dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian IKN.

Agus Aras menekankan bahwa Bontang memiliki potensi industri yang besar, terutama di bidang petrokimia dan gas.

“Kita ketahui Bontang harus terus meningkatkan kualitas dan kapasitas industri yang ada, serta mencari peluang industri baru yang dapat menunjang IKN,” tutur Agus Aras.

Berau juga dinilai memiliki peran penting dalam mendukung IKN. Agus Aras melihat bahwa Berau memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan perkebunan, khususnya budidaya palawija yang telah menjadi komoditas unggulan daerah tersebut.

“Demikian juga, Berau harus terus mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan yang dapat memberikan nilai tambah bagi IKN. Berau juga harus menjaga kelestarian lingkungan dan kearifan lokal yang menjadi daya tarik wisata di daerah ini,” papar Agus Aras.

Agus Aras berharap agar ketiga daerah tersebut dapat mempersiapkan diri sejak dini untuk mendukung keberadaan IKN.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Kita harus bersama-sama mendukung IKN sebagai ibu kota baru Indonesia. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk memajukan daerah kita dan bangsa kita,” pungkas Agus Aras.

Adv/DPRD Kaltim

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *