Tengah Pembahasan UMP Kaltim, Salehuddin : Kita Harapkan Tuntas Sebelum 2024

dok. Salehuddin Anggota DPRD Kaltim/ ist. JEJAKDM.com.

JEJAKDM.COM, SAMARINDA- Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Salehuddin, mendesak pembahasan Upah Minimum Provinsi (UMP) oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim dapat segera dirampungkan menjelang tahun 2024.

Menurut Pasal 4 Kepmenakertrans Nomor 226 Tahun 2000, istilah UMP dikenal sebagai UMR yang penetapannya disetujui oleh Gubernur.

Besaran UMP tersebut, di hitung berdasarkan sumber daya, adat istiadat, budaya, struktur ekonomi, dan kinerja. Oleh karenanya, standar minum upah setiap Provinsi memiliki nilai yang berbeda- beda.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin mengungkapkan, pembahasan terkait UMP mesti ada kenaikan. Yang mana, saat ini nilai UMP Kaltim berkisar Rp. 3,2 juta, berdasarkan ungkapan Disnakertrans saat pertemuan bersama DPRD minggu lalu.

“Kita mengharapkan adanya keadilan bagi pekerja-pekerja kita, terutama mengenai upah ini,” ungkapnya Salehuddin, Senin (20/11/2023).

Legislator Kaltim itu menjelaskan, proses penentuan besaran UMP, mesti melalui berbagai tahapan. Apakah nilai tersebut dapat meningkat atau malah menurun.

“Untuk besarannya kami percayakan kepada Dewan Pengupahan, yang jelas mereka tentunya memiliki ketentuan dalam membahas,” jelasnya.

Ia optimis, penentuan nilai pengupahan dengan melibatkan Dewan Pengupahan dapat menghasilkan pilihan terbaik menyesuaikan kondisi dan infrastuktur Kaltim.

Menurutnya, dengan melihat situasi ekonomi di Kaltim, para pekerja harusnya dapat mengalami peningkatan dalam hal kesejahteraan. Tak hanya itu, nilai upah yang meningkat dan adil dapat menjadi faktor utama peningkatan kualitas kinerja sdm benua etam.

Politisi Fraksi Golkar itu, meminta agar pembahasan di lembaga Pengupahan dapat segera dituntaskan. Guna mengahadapi tahun 2024 mendatang.

Berangkat dari itu, ia berharap agar terdapat kenaikan UMP. Mengingat, kondisi bahan pokok kebutuhan dasar masyarakat yang kemungkinan akan mengalami peningkatan.

“Trennya kita lihat tidak ada yang mengalami penurunan, justru mengalami kenaikan, maka dari itu kami harap adanya peningkatan pada UMP 2024,” harapnya Salehuddin.

Adv/DPRD Kaltim

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *