Perempuan Wajib Ikut Berpolitik, Puji Setyowati : Ini Bagian Dari Implementasi Perda PUG

Dok. Puji Setyowati anggota DPRD Kaltim/ist/jejakdm.com.

JEJAKDM.COM, SAMARINDA- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati, mendorong perempuan terlibat aktif ke dunia perpolitikan. Hal tersebut, mendukung pembangunan.

Keterlibatan perempuan di kancah politik menjadi pembahasan yang krusial. Pasalnya, setiap Partai Politik harus menyertakan 30 persen keterwakilan perempuan.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati, menyoroti persoalan tersebut. Menurutnya, selain kesempatan 30 persen yang diberikan, mestinya, perempuan yang akan ikut serta dalam hal politik harus menyiapkan mental yang kuat untuk bertahan di setiap dinamika didalamnya.

“Perempuan yang terjun ke dunia politik harus siap mental untuk menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi internal maupun eksternal,” ucapnya Puji, Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut Puji mengungkapkan, pada posisi internal politik, akan dihadapkan pada dinamika yang tinggi. Pasalnya, persaingan akan dilakukan untuk menunjukkan kemampuan dan kualitasnya sebagai perempuan.

“Kesetaraan gender dalam hal ini adalah Perempuan, harus mampu bersaing dengan laki-laki, baik dari segi kemampuan maupun dari segi fisik,” ungkapnya.

Selain itu, minimnya dukungan masyarakat, akibat stigma yang kerap dilontarkan menjadi sebuah tantangan perempuan tersendiri untuk menjawab hal tersebut.

“Perempuan akan menghadapi stigma negatif dari masyarakat, diskriminasi, dan pelecehan seksual,” urainya.

Politisi Fraksi Demokrat, itu memberikan motivasi sekaligus berpesan kepada para perempuan yang akan terjun ke dunia politik. Untuk terus semangat dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.


[ADV/DPRD Kaltim.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *