Wakil Ketua DPRD Kaltim Ingatkan Pemerintah Terkait Program Kerja Berdasarkan Aspirasi Masyarakat

Teka foto : Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. (Ist)

JEJAKDM.COM, SAMARINDA- Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun, mendorong agar setiap program yang diinisiasi oleh pemerintah mesti sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada anggota dewan saat Serap Aspirasi (Reses).

Pada Senin lalu, DPRD Kaltim telah melaksanakan Rapat Paripurna ke-43. Agenda yang dirutinkan tersebut merupakan perihal istimewa, sebab dilaksanakan setiap akhir tahun anggaran.

Menanggapi pertemuan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menjelaskan, setiap Reses yang dilakukan pihak anggota dewan, itu sebagai tugas dan tanggung jawabnya mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Ini bukanlah hal yang dibuat-buat tanpa fakta lapangan, kami turun diminta oleh masyarakat untuk menunaikan apa yang diaspirasikan. Jika berharap dari pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD saja, tentu nilainya terbatas,” ungkapnya Samsun, Senin (27/11/2023).

Legislator Kaltim itu membeberkan, setiap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat beragam. Karena tiap wilayah berbeda kebutuhannya. Hanya saja, yang mendominasi adalah terkait infrastruktur, listrik, dan lahan.

“Infrastruktur menjadi usulan yang sering disampaikan masyarakat. Kemudian, pelayanan dasar termasuk listrik, elektrifikasi kita juga masih rendah karena memang Kaltim itu luas. Berikutnya, terkait masalah lahan di Kaltim,” Sambung Samsun.

Menurutnya, persoalan lahan di Kaltim memiliki permasalahan yang hampir sama. Yakni terbagi-baginya izin HGU. Baik izin pertambangan, perkebunan, dan lainnya yang berkaitan dengan pembatasan aktifitas lahan masyarakat.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan itu berharap, agar serapan aspirasi yang diterima oleh pihaknya, mesti dipertimbangkan oleh Pemerintah untuk realisasi pemenuhan kebutuhan masyarakat di Kaltim

“Harapan kami, aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui anggota DPRD ini direspon oleh pemerintah daerah dalam bentuk program-program kerja yang menyentuh dan sesuai kebutuhan masyarakat,”tutupnya.


[ADV/DPRD Kaltim.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *