Kelestarian Wisata Di Kukar Perlu Dijaga, Samsun : Perlu Adanya Dorongan Semua Pihak

Jejakdm.com, KUKAR – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun menyebut jika pengembangan desa wisata itu sangat penting guna meningkatkan ekonomi kerakyatan. Terlebih jika kehadiran para wisatawan berdampak baik bagi roda keuangan di wilayah yang semakin bagus. 

“Apalagi di Kukar, banyak tempat wisata yang indah dan menawan dan ini tentunya sangat berpotensi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ucapnya, Jumat (27/10/2023).

Legislator asal PDIP ini berharap, agar desa wisata Loa Duri di Kukar menjadi daya tarik para pelancong, baik dari dalam maupun luar Kaltim.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, lanjutnya, akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan guna memastikan pengembangan desa wisata tersebut, termasuk meminta partisipasi aktif masyarakat Kukar.

“sudah selayaknya kita harus bersama-sama, mendukung pengembangan desa wisata karena aspek pariwisata ini adalah bagian dari aset daerah yang potensial,” katanya.

Demikian, ia juga Samsun mengimbau masyarakat setempat untuk selalu menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan lingkungan guna agar kelesteraiannya tetap terjaga. 

“Kita juga wajib melestarikan budaya dan adat istiadat kita, agar wisatawan dapat menikmati keunikan dan kekhasan daerah,” ujarnya.

Dan perlu diketahui sisi pengembangan desa wisata Loa Duri Kukar, menurut Samsun, perlu adanya peningkatan kesejahteraan petani, tentuya berupa kepastian pupuk dan pembangunan jalan penghubung antar-desa.

“Petani di sini sangat membutuhkan bantuan pupuk, karena tekstur tanahnya kurang subur. Hingga infrastruktur fisik guna penghubung antar desa juga harus disegerakan, agar akses transportasi dan pemasaran hasil pertanian lebih mudah,” ujar Samsun.

mulanya, Samsun mendorong penguatan sektor pertanian di Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong, Kukar. Salah satunya, pembentukan kelompok-kelompok tani demi mewujudkan ketahanan pangan.

“Adanya kelompok-kelompok tani, supaya memudahkan jika menerima bantuan dari pemerintah provinsi, karena legalitas jelas dan tidak diperuntukkan perorangan,” tutupnya.

(Adv/admin)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *