DPMPD Kukar Gelar Kegiatan Pendampingan Penyusunan Raperdes Pembentukan LKD

Jejakdm.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Kegiatan Pendampingan Penyusunan Raperdes tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) tahun 2023.

Acara ini diselenggarakan di Hotel Harris Samarinda dan dihadiri oleh berbagai pihak yang terlibat dalam proses penyusunan peraturan desa tersebut, Kamis (26/10/2023).

Wakili Bupati Kukar, Edi Damansyah, dan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kukar, Akhmad Taufik Hidayat, turut hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Akhmad Taufik Hidayat menjelaskan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan penting sebagai forum strategis dalam mencapai keseragaman dalam penyusunan produk hukum, termasuk Peraturan Perundang-Undangan.

“Kami percaya bahwa keseragaman dalam penyusunan produk hukum desa harus sesuai dengan prinsip-prinsip konstitusional dan mencerminkan aspirasi dan kepentingan masyarakat,” kata Akhmad Taufik Hidayat.

Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas masyarakat dalam hal penyusunan peraturan desa. Hal ini akan memungkinkan masyarakat yang sebelumnya hanya menjadi penonton menjadi lebih proaktif dalam proses pengambilan keputusan terkait desa mereka.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat menjadi fasilitator dalam mewujudkan Program Dedikasi Kukar Idaman,” tambahnya.

Komitmen pemerintah untuk mewujudkan Program Kukar Idaman, yang memiliki dampak besar pada kesejahteraan masyarakat, tidak akan tercapai apabila level pemerintahan terendah, seperti Aparatur Desa, tidak dilatih.

“Akan susah, makanya hari ini dilatih terus mulai tingkat RT, RW, dan seterusnya. Jadi tiap tahun harus terus kita tingkatkan,” tandasnya.

Kegiatan pendampingan ini menegaskan komitmen pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menciptakan keseragaman hukum desa yang berkualitas, yang akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan pengembangan daerah.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *