DPRD Kaltim Beri Bantuan Alat Pertanian, Seno Aji : Pertanian Di Kaltim Butuh Peningkatan Produksi

Jejakdm.com, SAMARINDA– Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji, memberikan perhatian kepada kelompok petani di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), dengan menyerahkan handtraktor/traktor tangan.

Guna menghasilkan produksi padi yang baik dari sawah. Mempersiapkan lahan merupakan faktor penting untuk dipenuhi. Sehingga tanaman padi muda (metode transplantasi), atau benih pra-kecambah dan yang diinkubasi (metode pembenihan langsung) dapat tumbuh dengan baik.

Baru-baru ini, Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, telah memberikan handtraktor kepada petani di Kukar. Guna dimanfaatkan petani untuk menghasilkan produksi yang maksimal.

Bantuan berupa alat pendukung tersebut, diberikan Seno Aji sebagai anggota dewan Kaltim daerah pemilihan Kukar.
Bantuan tersebut bersumber dari aspirasi Seno Aji sebagai anggota DPRD Kaltim daerah pemilihan Kukar.

“Alhamdulillah, saat ini bisa memberikan alat pertanian berupa handtraktor kepada para petani. Semoga bantuan itu dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian di Kukar,” ucapnya Seno Aji, Senin (30/10/2023).

Penyerahan alat bantuan handtraktor itu, dimanifestasikan kepada kelompok tani di beberapa desa Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Desa Bukit Pariaman, Desa Kerta Buana, dan Kampung Separi.

“Di Desa Bukit Pariaman, lima kelompok tani yaitu Rukun Bersama, Gunung Makmur, Tani Jaya, Rukun Lestari, dan Etam Jaya, menerima satu unit handtraktor masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, bantuan itu juga diberikan ke kelompok tani Karya Usaha, Sida Karya, dan Tri Karya di Desa Kerta Buana. Dengan masing-masing mendapatkan satu unit handtraktor.

Sedangkan di Kampung Separi, kelompok tani Dewi Karya dan kelompok tani Sri Lemah Sejati di Desa Buana Jaya, pun juga mendapatkan satu unit perkelompok tani.

Seno Aji pun mengimbau, untuk memanfaatkan pemberian tersebut dengan adil dan bersama. Lantaran, masih belum meratanya pemberian tersebut, diharapkan para petani dapat merasakan kebermanfaatannya alat itu.

“Saat ini, kami belum bisa memenuhi bantuan untuk keseluruhan anggota kelompok,” bebernya.

Legislator Kaltim itu pun, mengungkapkan kepeduliannya terhadap kaum tani, sebagai pusat produksi kebutuhan pangan lokal di benua etam.

“Kami optimis dengan peralatan mesin pertanian, para petani bisa meningkatkan produksi gabah menghadapi peluang permintaan beras yang cukup tinggi,” tuturnya.

Ia pun sedang mengupayakan pemberian bantuan pupuk kepada petani secara menyusul, diakibatkan kenaikan harga pupuk dan ketersediaan pupuk yang bersubsidi terbatas.

“Kami bercita-cita Kabupaten Kukar membantu kedaulatan pangan Kaltim,” katanya.

Anggota dewan tersebut berharap, dengan adanya bantuan tersebut, para petani di Kukar, dapat memberikan kontribusi sebagai sumber perekonomian daerah. Dengan menghasilkan produksi yang berkualitas.

“Semoga hasil pertanian di Kukar semakin bertambah. Petani semakin makmur dan sejahtera. Semoga bantuan itu bermanfaat,” tutupnya.

ADV/AZ

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *