Wakil Ketua DPRD Kaltim Dorong Upaya Pengembangan SDM Di Kaltim

JEJAKDM.COM, KALTIM – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur, Sigit Wibowo, menyoroti peran penting perguruan tinggi di provinsi tersebut dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, khususnya menyambut Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Salah satu fokus DPRD Provinsi Kalimantan Timur adalah memberikan masukan dan rekomendasi untuk mendorong keterlibatan Perguruan Tinggi di Kaltim dalam proses pembangunan IKN,” ujar Sigit Wibowo.

Menurutnya, keterlibatan perguruan tinggi tidak hanya terbatas pada perencanaan, melainkan juga dalam menyiapkan SDM daerah yang unggul.

Kurangnya perencanaan peningkatan kualitas masyarakat lokal dapat menyebabkan ketidaksetaraan dan gagal bersaingnya warga lokal dengan pendatang, berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Dalam konteks ini, Sigit Wibowo menekankan bahwa pembangunan SDM di Kalimantan Timur harus menjadi prioritas utama.

Ia mencontohkan Universitas Terbuka di Kaltim sebagai universitas yang terpercaya dan berkomitmen penuh dalam memeratakan pendidikan bagi seluruh warga, terutama mereka yang menghadapi hambatan seperti faktor ekonomi, geografis, dan demografis.

“Sebagai catatan, penduduk Provinsi Kaltim ini terus mengalami pertumbuhan. Potensi pertumbuhan penduduk Kaltim harus dimanfaatkan oleh perguruan tinggi untuk mencetak SDM unggul dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kaltim,” tutupnya.

Adv/DPRD Kaltim

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *