Kelompok Tani Di Kukar Ciptakan Kemandirian Pangan, Samsun : Salut

dok. Ilustrasi/petani/jejakdm.com

JEJAKDM.COM, SAMARINDA- Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun mendukung gerakan peningkatan kepada Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) Prima Karya Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Demi mewujudkan ketahanan pangan lewat hasil produksi pertanian.

Petani merupakan masyarakat yang melakukan budidaya tanaman. Mulai dari persiapan kondisi lahan, penanaman, pemeliharaan, hingga proses panen.

Hingga pada hasil panen atau produksi yang dihasilkan itulah, yang dapat digunakan/dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pribadi maupun dipasarkan.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, menyampaikan apresiasinya, ketika dapat memastikan kondisi para petani Desa Suka Maju Kukar, telah menerima bantuan berupa kebutuhan pendukung budidaya lahan tanam.

“Kami bersyukur karena dapat memastikan para petani menerima bantuan pupuk, mesin panen, dan alat penunjang pertanian. Kami harapkan mereka mendapat manfaat dari bantuan tersebut,” ucapnya Samsun, Rabu (22/11/2023).

Ia menjelaskan, bahwa bantuan yang disalurkan merupakan kebutuhan umum yang diperlukan petani. Pun juga, itu bertujuan untuk meningkatkan semangat kelompok tani yang ada di Kukar.

Ia menuturkan, bantuan tersebut, bersumber dari APBD Kabupaten, serta bantuan keuangan dari Provinsi. Bantuan tersebut diberikan, guna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tanamnya.

“Dengan demikian, Semoga masyarakat kita, terkhusus petani Kukar semakin sejahtera. Pembangunan semakin dirasakan dan bermanfaat,” lanjutnya.

Menurut Samsun, program bantuan yang di berikan adalah bentuk kepedulian Pemerintah dan anggota Dewan kepada kaum petani. Agar hasil produksi yang diciptakan tidak mengecewakan dan bermutu. Pun juga, itu adalah bukti nyata bahwa Kaltim, mesti mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan.

“Kami sebagai wakil rakyat tentu ingin melihat petani kita berdiri di atas kaki sendiri. Kami juga ingin Kaltim bisa menjadi lumbung pangan yang mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, khususnya mempersiapkan migrasi besar-besaran dampak Ibu Kota Negara (IKN),” tegasnya.

Politisi Fraksi PDI P itu berharap, bantuan yang disalurkan tersebut, dapat dimanfaatkan secara optimal. Samsun pun juga mengimbau agar para petani, mulai menerapkan protokol kesehatan ketika menjalankan aktifitas di lahan budidayanya.

Legislator Kaltim itu memberikan apresiasinya kepada Gapoktan. Atas kinerjanya untuk ikut berpartisipasi meningkatkan produksi padi di Desa tersebut.

“Gapoktan Prima Karya itu merupakan salah satu gapoktan berprestasi di Kukar,” tutupnya Samsun.



Adv/DPRD Kaltim.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *