DPRD Kaltim Suport Penuh KPU Kaltim, Jahidin : Kita Sukseskan Bersama

Dok. KPU Kaltim/jejakdm.com.

JEJAKDM.COM, SAMARINDA- Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Jahidin, menyoroti persiapan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kaltim. Ia menyebutkan, akan mendukung secara penuh kebutuhan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Jelang momentum besar demokrasi kembali pada tahun 2024. Tepatnya, pada tanggal 14 Februari 2024, sebagai kontestasi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pejabat Legislatif DPRRI/DPRD/Provinsi dan Kabupaten/kota.

Anggota Komisi I DPRD Kaltim Jahidin mengungkapkan, pihaknya akan mendukung kebutuhan perlengkapan yang dibutuhkan oleh KPU Provinsi secara penuh. Guna menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Kita akan sukseskan Pemilu di daerah di Kaltim ini secara bersama, kendati kekurangan itu pasti akan kami dorong untuk dibenahi. Saya di Badan Anggaran DPRD, tidak ada alasan KPUD tidak berjalan karena anggarannya kurang. Kita mendukung penuh,” ungkapnya, Kamis (23/11/2023).

Ia menjelaskan, perlengkapan logistik yang diperlukan oleh KPU merupakan unsur yang mesti dilengkapi. Tak hanya itu, pendistribusian juga harus merata ke daerah pelosok desa. Agar suara yang diberikan oleh seluruh masyarakat Kaltim dapat diperoleh secara menyeluruh.

“Logistik KPU adalah salah satu faktor krusial yang menentukan kesuksesan Pemilu. KPU harus memastikan logistik seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta, dan lain-lain sudah tersedia dan terdistribusi dengan baik ke seluruh TPS,” ujarnya Jahidin.

Legislator Kaltim itu pun mendorong, agar saat pendistribusian alat kelengkapan Pemilu dapat terealisasi dengan baik dan tepat waktu. Mengingat, masih ada wilayah di Kaltim yang masih dalam kondisi infrastruktur jalan yang belum baik.

“Kalau bisa didistribusikan tepat waktu dan persiapan logistik bisa 100 persen dalam waktu dekat. Jadi mulai sedini mungkin harus dipersiapkan, sehingga pada saat pelaksanaan pemilihan itu tidak ada alasan kendala logistik,” katanya.

Jahidin menuturkan, akes jalan di Kaltim gidak dapat disamakan dengan di pulau Jawa. Letak geografis yang jauh, menurutnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam hal pemerataan logistik Pemiku.

“Himbauan saya kepada saudara-saudara di KPU daerah, segera dimatangkan semua persiapan. Soal anggaran, kami akan optimalkan untuk dialokasikan seoptimal mungkin,” urainya.

Selain itu, Politisi Fraksi PKB itu membeberkan, alat kelengkapan Pemilu juga mesti memenuhi standar kualitas dan keamanan yang ketat. Agar dalam pelaksanaannya nanti alat-alat tersebut tidak mudah rusak dan dicurangi.

“KPU harus melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap logistik Pemilu, baik sebelum, saat, maupun sesudah pemungutan suara,” ujarnya.

Legislator daerah pemilihan Kota Samarinda itu berharap, agar KPU Daerah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional. Dalam mengelola persiapan maupun pelaksaan Pemilu 2024 nanti.

“KPU harus menjaga integritas dan kredibilitas sebagai penyelenggara Pemilu yang independen dan netral. KPU harus mampu memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh peserta dan pemilih Pemilu,” pungkasnya.


Adv/DPRD Kaltim.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *